5 Makanan Sehat

Sehat merupakan kebutuhan paling penting bagi manusia. Untuk menjaga tubuh kita tetap sehat salah satu cara terampuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Karena makanan yang sehat dan bergizi tinggi merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia baik dari usia balita sampai manula.Contoh makanan sehat yang perlukan yaitu :
1. APEL
Apel adalah buah yang bisa tumbuh baik di daerah tropis maupun sub tropis.
Buah yang satu ini punya rasa manis asam yang khas. Biasanya buah ini berasal dari dataran tinggi dan wilayah sejuk dengan warna buah hijau, hijau agak kuning atau merah.
Apel mengandung vitamin C, quecertin dan plavanoid yang bisa mencegah penyakit kanker.

2. BAYAM
Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Selain mudah dalam penanamannya pengolahannya menjadi makanan juga sangat mudah.
Itulah sebabnya kita sering menjumpai olahan makanan ini di berbagai belahan dunia ini.
Bayam mempunyai kandungan gizi yang banyak diantaranya adalah zat besi, magnesium juga vitamin A dan C. Jadi Bayam sangat baik untuk nutrisi rambut dan kulit serta mata.

3. KACANG MERAH
Kacang merah atau biasanya orang Jawa menyebutnya kacang tolo adalah makanan sehat yang juga mudah dijumpai di sekitar kita.
Pada dasarnya kacang merah memiliki kandungan serat, protein, zat besi, fosfor, magnesium yang tinggi, termasuk juga vitamin dan mineral.
Kacang merah termasuk mudah untuk diracik menjadi makanan sehat, bisanya kacang yang satu ini dicampur ke salad atau sup. Ia juga termasuk dalam makanan yang membuat awet muda.

4. BROKOLI
Brokoli merupakan sayuran yang juga cukup familiar dalam kehidupan sehari-hari kita.
Sayuran yang seperti rambut keribo berwarna hijau ini merupakan sayur yang kaya kalsium, potasium juga vitamin A dan C.
Ada beberapa saran dalam penyajian masakan sayuran agar kandungan gizinya tidak hilang, yakni dengan tidak memasak sayuran terlalu matang.
Selain itu hindari memasaknya memakai saus serta keju berlebihan.

5. KACANG KEDELAI
Kedelai juga merupakan bahan makanan yang sangat sering kita jumpai olahannya.
Biasanya kedelai diolah dengan cara dibuat tahu, tempe, bunga tahu, tauco dan juga susu kedelai. Dalam kedelai terdapat kandungan omega 3, kalsium dan juga zat besi.
Kedelai juga cukup populer untuk kalangan vegetarian.


Sumber : makanan-sehat

Lihat Juga :





Komentar

Posting Komentar