Berbuka Puasa Dengan Makanan Sehat

KETIKA bulan Ramadan, asupan makanan-minuman harus benar-benar diperhatikan. Hal itu supaya kondisi badan tetap fit meski dalam keadaan berpuasa, tidak minum dan tidak makan.
Makanan sehat bisa dimulai saat berbuka puasa. Makanan buka puasa sehat bisa menambah stamina agar kegiatan ibadah malam hari tetap semangat dan bugar. Pada bulan puasa, kegiatan ibadah bertambah, seperti ibadah salat tarawih. Kamu harus dalam keadaan bugar untuk menjalankan ibadah tarawih.
Asupan makanan sehat pada saat buka puasa dan sahur bisa mengurangi kondisi lemas dalam menjalani aktivitas saat keesokan harinya. Berikut  sajian menu berbuka puasa yang sehat :

1. Sup

Hasil gambar untuk makanan sehat
Sup adalah makanan yang lebih sehat dibandingan dengan makanan yang digoreng. Makanan ini dapat menghangatkan perut kamu setelah puasa seharian. Apalagi kalau sup yang kamu santap dimasak dengan daging ayam dan aneka sayuran hijau. Sudah dipastikan, sup akan menjadi menu menyehatkan untuk tubuh ketika berbuka puasa.

2. Nasi Merah



Nasi merah. (istyel.id)

Nasi merah sangat cocok untuk berbuka puasa. Nasi merah termasuk sumber kabrohidrat yang sangat baik bagi tubuh. Karena kandungan kalorinya lebih besar ketimbang nasi putih. Nasi merah juga sangat sering dikonsumsi sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan. Berminat mencoba nasi merah sebagai menu berbuka puasa sehatmu?

3. Ayam Rebus

Hasil gambar untuk ayam rebus
Ayam adalah sumber protein hewani untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Ayam yang direbus lebih menyehatkan ketimbang ayam yang digoreng. Mengapa? Karena makanan yang direbus tidak akan menyimpan banyak minyak. Nah, selain itu makanan rebus sangat cocok untuk makanan berbuka puasa yang sehat. Kamu bisa menyantap ayam rebus dengan sayuran agar nutrisi yang kamu dapatkan semakin lengkap.

4. Tumis Sayuran

Hasil gambar untuk tumis sayur
Kamu penyuka sayuran seperti kangkung, tauge, atau bayam? Kamu bisa menumis sayur favorit kamu untuk dijadikan makanan berbuka puasa yang sehat. Sayuran adalah makanan paling menyehatkan untuk tubuh. Kalau kamu penyuka makanan sayur, kamu bisa menjadikan tumis sayuran sebagai menu berbuka puasa. Namun, jangan lupa untuk mengiringi santapanmu dengan ayam, ikan, daging, atau telur ya!

5. Oatmeal

Overnight Strawberries and Cream Steel Cut Oatmeal: Mix all the ingredients together in a slow cooker and set it before bed and wake up to a hearty, gluten-free breakfast! This strawberry and cream oatmeal is a creamy delicious way to start any day!
Oatmeal adalah makanan yang praktis dan menyehatkan. Apalagi kalau disajikan sebagai menu buka puasa. Oatmeal adalah makanan kaya serat yang memberikanmu rasa kenyang lebih lama. Sehingga oatmeal juga sangat cocok bagi kamu yang sedang melakukan program diet, sekalipun berpuasa.
Nah, itu adalah makanan berbuka puasa yang sehat. Sudahkah kamu menyiapkan menu andalan untuk berbuka nanti? Jangan lupa, tetap jaga kesehatan selama berpuasa. 


Baca Juga :

Komentar